Postingan

METODE PEMBELAJARAN AL QUR AN Tentang Program Pintar Baca Alqur An

http://erickyonanda.blogspot.co.id/2012/05/metode-pembelajaran-al-qur.html

Silabus Pembelajaran al-Qur'an SMT VII_2017

SILABUS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN   PAUDNI SEMESTER       : 7 (Tujuh) Program Studi   : S.1 PGRA Dosen               : H. Opik Taopikurohman, M.Pd. A.     POKOK BAHASAN 1.    Pengantar pembelajaran al-Quran yang mencakup uraian tentang : al-Quran sebagai mujizat yang abadi, kemujizatan membaca al-Quran, keutamaan membaca al-Quran, perlunya bisa membaca al-Quran, dan bahaya tidak bisa membaca al-Quran. 2.     Program pintar membaca al-Quran untuk anak usia dini yang mencakup : mengenal PPBQ, urgensi anak usia dini pintar membaca al-Quran, peta keterampilan anak membaca al-Quran, menyelenggarakan PPBQ di TK atau sejenisnya dan PPBQ Bilhikmah sebagai alternatif 3.       Teori pengajaran membaca al-Quran yang mencakup : Metode Bagdadiyah, Shautiyah, eklektik, dan jenis-jenis metode Shautiyah 4.    Kara...

Poto guru baru

delivery method: MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

delivery method: MODEL-MODEL PEMBELAJARAN : Pendahuluan Kegiatan pembelajaran dilakukan oleh dua orang pelaku, yaitu guru dan siswa. Perilaku g...

HUKUM TAkHBIB

Dosa Takhbib Diantara dosa besar yang mungkin jarang diketahui oleh kaum muslimin adalah dosa takhbib. Menjadi penyebab percerian dan kerusakan rumah tangga. Karena kehadirannya, membuat seorang wanita menjadi benci suaminya dan meminta untuk berpisah dari suaminya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam banyak hadis, memberikan ancaman keras untuk pelanggaran semacam ini. Diantaranya, 1. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, لَيْسَ مِنَّا مَنْ خَبَّبَ امرَأَةً عَلَى زَوجِهَا ”Bukan bagian dariku seseorang yang melakukan takhbib terhadap seorang wanita, sehingga dia melawan suaminya.” (HR. Abu Daud 2175 dan dishahihkan al-Albani) 2. Juga dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, وَمَنْ أَفْسَدَ امْرَأَةً عَلَى زَوْجِهَا فَلَيْسَ مِنَّا ”Siapa yang merusak hubungan seorang wanita dengan suaminya maka dia bukan bagian dariku.” (HR. Ahmad 9157 dan dishahihkan Syua...
S OSIOLOGI K URIKULUM I.      PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Masalah Perkembangan zaman yang sangat pesat, tentunya juga akan berdampak pada perkembangan kurikulum di Indonesia. Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan zaman, yang akhirnya juga menyebabkan kurikulum harus dirombak sedemikian rupa agar sesuai dengan perubahan zaman. Masalahnya, merombak kurikulum yang sudah ada tidak semudah membalik telapak tangan. Banyak pula faktor-faktor yang menjadi penghambatnya, salah satu diantaranya adalah faktor sosiologis yang berhubungan langsung dengan masyarakat awam. Kebudayaan yang sudah melekat di masyarakat menyebabkan sukarnya mengubah tatanan kurikulum yang ada, seperti paham kepercayaan pada mitos yang sudah melekat erat pada setiap suku bangsa di Indonesia ini. Maka dari itu untuk mengubah kurikulum, diperlukan suatu kerja sama yang baik antara pihak sekolah dan pemerintah. Pengubahan pada kurikulum kenyataannya sangat dipe...